Cara praktis mencegah penyakit jantung adalah dengan mengerti akan risiko yang ada. Ini dikarenakan penyakit jantung dan stroke merupakan faktor pemicu kematian nomor 1 di dunia. Anda harus mengerti dan mengetahui semua faktor yang bisa memicu penyakit kardiovaskular diantaranya dari faktor usia dimana semakin bertambah usia semakin bertambah pula risikonya dan faktor genetik atau keturunan.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mudah

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Jantung merupakan bagian tubuh yang teramat penting karena bekerja memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Ketika seseorang mengalami penyakit jantung maka akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang teramat sangat. Oleh sebab itu, langkah pencegahan lebih baik dilakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa langkah dan cara praktis mencegah penyakit jantung:

  • Berhenti merokok dan menghindari asap rokok

berhenti merokok dan menghindari asap rokok

Banyak riset yang telah membuktikan bahwa seorang perokok aktif ataupun pasif memiliki risiko lebih mudah terserang penyakit jantung dan pembuluh darah, paru-paru, dan stroke.

  • Menjaga tekanan darah tetap normal

menjaga tekanan darah tetap normal

Tekanan darah tinggi atau hipertensi masuk kategori penyakit silent killer sebab gejalanya tak terlalu terlihat pada sebagian orang. Tekanan darah tinggi disebabkan keausan lapisan pembuluh darah halus.

  • Memantau kolesterol

memantau kolesterol

Kelebihan lipid darah atau lemak adalah pemicu utama penyakit jantung. Lipid darah yang termasuk LDL atau kolesterol jahat, HDL atau kolesterol baik dan trigliserida. Pengobatan yang baik dengan meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

  • Batasi kalori

batasi kalori

Obesitas sangat berpengaruh pada penyakit diabetes, yang termasuk penyakit kardiovaskular. Bila Anda memiliki penyakit diabetes, risiko yang Anda miliki sama dengan seseorang yang sudah memiliki penyakit jantung.

  • Berolahraga secara teratur

berolahraga secara teratur

Jika Anda teratur berolahraga maka daya tahan tubuh Anda akan lebih baik dan memiliki daya tahan dalam menghindari berbagai penyakit. Setiap Anda berolahraga akan memunculkan gen yang berguna bagi kesehatan.

  • Cukup beristirahat

Cute woman sleeps on the white bed

Istirahat cukup akan membantu membuat detak jantung Anda stabil. Karena jantung beristirahat dengan berkontraksi secara minimal saat tertidur.

  • Mengurangi tingkat stres

mengurangi tingkat stres

Stres berpengaruh pada penyakit jantung dan stroke. Saat stres berat bisa memicu serangan jantung atau kematian secara tiba-tiba. Ada banyak alternatif untuk membantu menurunkan stres seperti berolahraga teratur, istirahat berkualitas yang cukup, banyak tertawa bersama keluarga dan teman, aktif mengikuti kegiatan sosial dan mengikuti acara kerohanian. Menonton televisi secara umum tidak membantu mengurangi tingkat stres, bahkan dapat menambah stres. Sebisa mungkin Anda bisa menghindari orang-orang dan kondisi yang bisa membuat Anda khawatir dan emosi.

Penyakit jantung telah menjadi sesuatu yang ditakuti oleh orang-orang di Indonesia dan bahkan di dunia karena bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Oleh karena itu dari sekarang mulailah Anda menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *