Kelainan jantung pada awalnya dikarenakan sel-sel jantung mati dan menyebabkan aliran darah ke jantung berhenti atau dapat juga dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah. Penyakit jantung menempati posisi pertama menjadi pembunuh nomor satu di dunia bersamaan dengan penyakit stroke. Pada umumnya penyebab seseorang mengalami serangan jantung dikarenakan gaya hidup yang tak sehat, merokok dan makan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi.

Ciri-Ciri Awal Kelainan Jantung

gejala sakit jantung

Faktor lain yang memicu penyakit jantung bisa jadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah itu terbagi menjadi dua yaitu, penyumbatan pembuluh koroner besar yang berlangsung sementara dan disertai nyeri yang teramat sangat pada dada. Selanjutnya adalah penyumbatan pembuluh koroner kecil yang disebabkan kolesterol ataupun akibat pengaruh diabetes dan menjadikan pembuluh darah kaku.

kelainan jantung dini

Masyarakat modern pada masa sekarang ini yang mempunyai gaya hidup tak sehat seperti enggan untuk berolahraga, tidak cukup istirahat dan merokok memiliki peran sendiri dalam proses memperparah berkembangnya penyakit ini. Memang penderita penyakit jantung sebagian besar dari kalangan pria, akan tetapi tak menutup kemungkinan penderita berasal dari kalangan wanita juga. Berdasarkan riset wanita memiliki risiko menjadi penderita penyakit jantung yang setara dengan pria. Pada wanita biasanya terasa sakit, lelah dan lemas serta gejalanya tidak terasa di awal jika mempunyai risiko diabetes.

Pada umumnya kelainan jantung memiliki ciri-ciri gejala awal sebagai berikut:

gejala kelainan jantung

  • Nyeri pada bagian dada, hal ini disebabkan pembuluh darah dan jantung tidak mendapat oksigen dan aliran darah yang dibutuhkan. Pada umumnya terasa seperti jantung sedang diremas.
  • Mengeluarkan keringat berlebih walaupun Anda sedang tidak melakukan suatu aktivitas. Pada umumnya bagian yang sering mengeluarkan keringat pada bagian telapak tangan.
  • Merasa kelelahan yang berlebih meski Anda tidak sedang beraktivitas fisik apa pun secara berat.
  • Sesak nafas yang disebabkan kontraksi pembuluh jantung yang tak normal dan berpengaruh ke paru-paru sehingga nafas Anda terasa sesak.
  • Jantung berdebar kuat tanpa sebab apa pun dan pada umumnya terasa seperti sesudah berlari.
  • Merasa cemas, dimana kecemasan yang muncul sebagai akibat pemikiran akan kondisi tubuh mengenai penyakit yang diderita. Alangkah baiknya Anda membuat diri Anda sendiri menjadi tenang, sebab perasaan cemas justru bisa menjadi pemicu gangguan jantung itu sendiri.
  • Sakit kepala yang teramat sangat yang disebabkan karena aliran darah yang tidak normal dan terganggu menuju ke otak.
  • Turunnya nafsu makan pada penderita secara drastis serta disertai mual dan muntah.
  • Adanya pembengkakan pada bagian tubuh juga bisa menjadi pertanda awal penyakit jantung.
  • Nyeri pada bagian tubuh yang dikarenakan peredaran darah tersumbat.

Penting untuk diketahui ciri-ciri gejala awal kelainan jantung bisa jadi berbeda pada tiap-tiap orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *