Penyebab sakit jantung ternyata ada beberapa macam dan sudah seharusnya Anda mengetahui macam-macamnya tersebut. Sebagai bagian terpenting dalam tubuh kita, sudah sepantasnya kita memberikan perhatian khusus pada organ tubuh kita yang satu ini. Sakit jantung sendiri biasanya dihubungkan dengan kondisi dimana seseorang mengalami sensasi nyeri yang tak terfokus pada bagian jantung terutama saat tubuh digunakan untuk berjalan atau lebih-lebih mendaki.

Mengenal Penyebab Sakit Jantung dan Gejalanya

Mengenal Penyebab Sakit Jantung dan Gejalanya

Lalu, apa sajakah penyebab dari sakit jantung ini? Sebenarnya ada faktor-faktor yang berperan bagi seseorang untuk cenderung terkena masalah yang satu ini. Namun, utamanya, penyebab dari masalah ini adalah adanya masalah dengan arteri yang dikarenakan adanya timbunan lemak didalamnya. Sedangkan untuk faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan sakit jantung ini akan dijelaskan berikut ini.

  • Faktor keturunan, jenis kelamin dan usia

Faktor keturunan, jenis kelamin dan usia

Ketiga faktor yang disebutkan diatas biasa disebut sebagai faktor penyebab penyakit jantung yang tidak dapat dimodifikasi atau tidak dapat diubah. Seseorang yang lahir dari keturunan penderita sakit jantung akan memiliki potensi penyakit jantung yang cukup tinggi. Sementara itu mereka yang berjenis kelamin laki-laki juga diindikasikan lebih berkesempatan menjadi penderita sakit jantung daripada perempuan. Sedangkan untuk usia, mereka yang berada pada usia senja disebut-sebut lebih berisiko untuk menderita sakit jantung.

  • Faktor gaya hidup

Faktor gaya hidup

Mereka dengan gaya atau pola hidup yang tidak sehat digadang-gadang memiliki kesempatan yang cukup besar untuk menderita sakit jantung. Penyebab sakit jantung karena faktor gaya hidup yang buruk biasanya dipengaruhi kebiasaan seperti merokok, meminum minuman yang beralkohol, olahraga yang jarang dan banyak dan seringnya pengonsumsian makanan berlemak tinggi.

  • Faktor penyakit lain

Faktor penyakit lain

Adanya masalah lain juga bisa jadi meningkatkan risiko seseorang untuk menderita sakit jantung. Sebut saja penyakit diabetes, penyakit ini bisa menimbulkan penebalan dinding yang ada di pembuluh darah yang kemudian berpotensi menyebabkan penghambatan aliran darah. Selain diabetes, mereka dengan masalah hipertensi dan tinggi kolesterol juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menderita sakit jantung. Untuk kasus hipertensi, sakit jantung ini lebih dikarenakan jantung yang bekerja terlalu keras saat tekanan darah tinggi.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab dari sakit jantung, ada baiknya juga Anda mengetahui lebih banyak tentang gejala penyakit ini. Secara umum, seseorang yang mengalami sakit jantung akan merasakan rasa nyeri pada dada mereka, terutama untuk pria. Sedangkan untuk wanita disebutkan bahwa mereka akan cepat merasa lemah dan lelah. Selain itu, beberapa gejala lain seperti sesak nafas, perasaan mual, sesak pada bagian dada, sering pusing dan mati rasa pada dada juga sering terjadi para mereka yang mengalami masalah sakit jantung. Demikianlah sedikit informasi yang bisa disampaikan terkait dengan penyebab sakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *