Serangan jantung atau dikenal dalam dunia medis dengan sebutan infark miokard merupakan keadaan terhambatnya aliran darah yang mengalir ke jantung karena adanya penggumpalan darah yang sebelumnya terhenti karena adanya penumpukan plak atau lemak pada arteri jantung. Penggumpalan darah tersebutlah yang menghambat pasokan darah dan oksigen ke jantung sehingga terjadi serangan pada jantung. Kebanyakan penyakit jantung biasanya disebabkan oleh perilaku gaya hidup, merokok, kurang untuk berolahraga, berlebihnya berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi (hipertensi), dan memakan makanan yang tidak sehat. Namun, perlu diketahui ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat meningkatkan potensi terkena sakit jantung.

Apa Saja Makanan yang Dapat Memicu Serangan Jantung?

Apa Saja Makanan yang Dapat Memicu Serangan Jantung

Mengonsumsi beberapa makanan tertentu tanpa kita sadari ternyata dapat memicu serangan jantung pada tubuh meskipun diketahui bahwa makanan tersebut memiliki banyak kandungan zat-zat yang baik bagi tubuh.

  • Kuning telur

kuning telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi telur berlebih ternyata memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami sakit jantung. Ini disebabkan karena kuning telur dapat meningkatkan kolesterol dalam darah sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung. Jadi, bagi Anda penderita penyakit jantung lebih baik kurangilah memakan kuning telur mulai dari sekarang.

  • Makanan berlemak

makanan berlemak

Goreng-gorengan, susu, dan daging adalah tiga di antara beberapa makanan berlemak yang perlu Anda hindari agar tidak menderita sakit jantung. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang dapat menimbulkan penyempitan arteri pada jantung. Selain itu, mengonsumsi makanan junk food juga perlu dikurangi karena tingginya kandungan lemak yang terdapat di dalam makanan cepat saji tersebut.

  • Garam

garam

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam diketahui memang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Seseorang yang menderita hipertensi juga dipercaya memiliki lebih besar kemungkinan risiko untuk mengidap sakit jantung. Kondisi ini dimulai karena adanya pemberatan pada fungsi jantung yang semakin lama akan menurunkan fungsi jantung itu sendiri dan pada akhirnya akan menyebabkan sakit jantung.

Ketiga makanan di atas adalah beberapa contoh makanan yang dapat menyebabkan sakit jantung. Apabila ditelusuri, ketiga makanan tersebut sebenarnya memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Namun karena dikonsumsi secara berlebihan, kandungan baik yang terdapat dalam makanan tersebut berubah menjadi kandungan jahat yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Ketiga makanan tersebut tentu masih memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh asalkan dikonsumsi secara wajar dan tidak dalam porsi yang berlebihan. Sebab itulah, mulai dari sekarang marilah kita menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi serta tidak makan secara berlebih agar terhindar dari segala penyakit. Demikianlah ulasan singkat mengenai makanan yang dapat memicu serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *