Salah satu cara menghindari risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penyakit jantung. Pertama adalah menghindari makanan cepat saji dan instan karena memiliki kalori yang tinggi. Selain itu garam tinggi dalam makanan cepat saji juga bisa memicu hipertensi.

Makanan untuk Penyakit Jantung dengan Kandungan FitonutrienMakanan untuk Penyakit Jantung dengan Kandungan Fitonutrien

Guna kesehatan jantung dan kinerja yang kuat, senyawa fitonutrien yang banyak ditemukan pada buah dan sayur dapat bermanfaat. Senyawa ini bisa membantu tubuh untuk bekerja dengan optimal. Beberapa makanan untuk penyakit jantung yang mengandung fitonutrien diantaranya:

  • Kacang

kacang

Kacang seperti kacang merah selain sarat akan kandungan fitonutrien juga memiliki kandungan serat dan air yang menjadikan Anda cepat kenyang sehingga mencegah penambahan kalori. Kacang-kacangan juga sarat akan antioksidan yang bermanfaat mencegah rusaknya sel karena radikal bebas yang juga menyebabkan kanker, Parkinson dan Alzheimer.

  • Biji-bijian Utuh

biji bijian utuh

Menjadikan biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum atau jagung menjadi sumber utama karbohidrat bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas. Ini disebabkan karena kandungan protein, serat, vitamin B, antioksidan dan mineral pada biji-bijian.

  • Apel

Apel

Selain fitonutrien, apel juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat bagi jantung yakni quercetin yang berguna untuk mencegah kanker dan pektin yang menurunkan gula darah dan tekanan darah, meskipun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, Anda dapat memasukkan apel dalam daftar buah yang dikonsumsi sehari-hari.

  • Bawang

bawang

Bawang putih tidak mempengaruhi tekanan darah sehingga bisa sering dikonsumsi. Bawang putih juga bisa menjadi alternatif pengganti garam agar makanan menjadi gurih. Alternatif ini baik bagi jantung sebab semakin banyak mengonsumsi garam akan semakin tinggi risiko mengalami tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

  • Anggur

anggur

Anggur dianggap mempunyai potensi dalam pencegahan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Ini disebabkan karena anggur memiliki kandungan serat dan senyawa quercetin, meskipun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya bagi kesehatan jantung, Anda dapat memasukkan anggur ke dalam daftar buah yang dikonsumsi sehari-hari.

  • Kubis

kubis

Selain sarat akan fitonutrien yang baik bagi jantung, kubis juga sarat berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, potassium dan ferrum.

  • Buah Berry

buah berry

Beragam buah berry seperti blueberry, strawberry, raspberry bisa menjadi camilan menyehatkan. Buah berry sarat akan serat dan antioksidan yang diperkirakan bisa mengurangi risiko penyakit jantung meski perlu diteliti lebih mendalam. Selain itu rasa manis buah berry tidak menyebabkan diabetes.

  • Teh Hijau

teh hijau

Menjadi salah satu minuman terfavorit karena khasiatnya yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Itulah makanan untuk penyakit jantung. Anda juga perlu untuk melakukan gaya hidup sehat agar tubuh tetap fit dan jantung kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *