Pengertian penyakit jantung koroner ini bisa Anda jadikan sebagai tambahan informasi kesehatan yang sangat penting mengingat di Indonesia sendiri penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang begitu ditakuti sekaligus menghantui masyarakat. Penyakit jantung koroner atau yang bisa dikenal juga dengan nama lain penyakit arteri koroner ini adalah penyakit yang cukup berbahaya karena tingkat kematian penderitanya yang cukup tinggi. Seseorang dapat dikatakan terserang penyakit ini bila terjadi penyumbatan aliran darah ke jantung yang diakibatkan oleh timbunan lemak kolesterol yang menyumbat bagian arteri jantung (aterosklerosis). Tidak heran kebanyakan mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner ini adalah mereka yang memiliki berat badan berlebih alias mengalami obesitas.

Informasi Pengertian Penyakit Jantung Koroner

Informasi Pengertian Penyakit Jantung Koroner

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas tadi untuk pengertian penyakit jantung koroner ini secara umum atau general adalah penyakit jantung yang muncul akibat adanya kerusakan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh radikal bebas, kolesterol, diabetes, hipertensi, dan beberapa faktor lainnya. Namun faktor utama yang menjadi penyebab dari penyakit jantung koroner ini tidak lain adalah kolesterol yang menyumbat arteri jantung dan dampaknya terjadi penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tersumbat yang mengakibatkan fungsi jantung menjadi terganggu. Untuk tindakan pencegahannya bisa dilihat di bawah ini :

  • Menjaga asupan makanan

Menjaga asupan makanan

Langkah pertama agar terhindar dari penyakit jantung koroner ini adalah dengan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan gantinya konsumsi makanan yang kaya akan serat dan vitamin seperti buah dan sayur.

  • Rajin berolahraga

Rajin berolahraga

Dengan berolahraga secara teratur makan berat badan menjadi seimbang dan kandungan lemak yang berlebih di dalam tubuh pun akan diubah menjadi energi. Karena itu biasakan diri Anda untuk mulai berolahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit bisa dengan bersepeda, jogging, berenang atau olahraga lainnya.

  • Jauhi rokok

jauhi rokok

Kemudian sangat disarankan juga agar menjauhi rokok karena merokok menjadi salah satu faktor pemicu penyakit jantung koroner. Bahkan bagi perokok pasif pun memiliki peluang besar terserang penyakit ini belum lagi ancaman terkena penyakit kanker paru dan penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh asap rokok.

  • Istirahat yang cukup

istirahat yang cukup

Jangan lupakan juga bila tubuh membutuhkan istirahat yang cukup guna menjaga metabolisme tubuh. Dengan cukup beristirahat maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan risiko terkena penyakit jantung koroner maupun penyakit kronis lainnya akan bisa diminimalisir.

Itulah beberapa tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit jantung koroner. Semoga informasi tersebut bisa berguna untuk Anda sekalian yang masih peduli terhadap kesehatan tubuh Anda. Demikianlah beberapa informasi singkat mengenai pengertian penyakit jantung koroner dan cara pencegahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *