Mengetahui gejala-gejala serangan jantung sejak dini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengurangi risiko kematian karena serangan jantung. Serangan jantung memang terkenal sebagai salah satu pembunuh yang tak terduga. Banyak kasus orang-orang yang meninggal secara tiba-tiba, dan tidak terduga-duga diakibatkan karena terkena serangan jantung. Karena itu pula banyak yang akhirnya menggolongkan serangan jantung sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Setiap orang yang memiliki risiko mengalami serangan jantung harus sangat berhati-hati menjaga dirinya agar terhindar dari kematian mendadak. Sehingga mereka harus senantiasa waspada dan awas. Serangan jantung sebenarnya merupakan penyakit yang salah satunya disebabkan karena pola hidup yang salah, seperti terlalu banyak merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan juga obesitas. Namun faktor genetik juga tidak bisa lepas dari salah satu penyebab serangan jantung yang cukup kuat.

Inilah beberapa gejala serangan jantung yang harus Anda waspadai

32. gejala serangan jantung 1

Gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penyakit jantung memang tidak dapat diketahui secara kasat mata. Tidak ada tanda-tanda signifikan yang tampak dari luar tubuh yang menunjukkan bahwa seseorang mengalami serangan jantung. Kebanyakan gejala-gejala ini hanya dapat dirasakan oleh si penderita. Inilah yang kemudian menjadi berbahaya terutama bagi mereka yang kurang mendapatkan edukasi mengenai gejala-gejala apa saja yang mungkin dirasakan oleh penderita serangan jantung. Kalaupun sudah mengerti, ada saja orang yang kemudian acuh dan tidak menganggapnya sebagai sebuah hal yang berbahaya, hingga akhirnya justru mencapai level yang lebih kronis. Untuk menghindari atau mengurangi risiko dari hal-hal tersebut maka ada baiknya Anda untuk mengetahui beberapa gejala serangan jantung berikut ini:

  1. Rasa sakit pada bagian dada yang amat sangat

Rasa sakit pada bagian dada yang amat sangat

Rasa sakit pada bagian dada yang paling sering dialami oleh penderita serangan jantung adalah perasaan yang menekan pada dada. Dada serasa tertekan dan sesak, biasanya rasa sakit ini terasa mulanya pada bagian tengah dada. Rasa sakit atau ketidaknyamanan ini biasanya hanya berlangsung sebentar, kemudian hilang, namun akan kembali lagi, begitu seterusnya. Rasa sakit pada bagian dada ini bisa menjadi awal penanda untuk Anda dalam mewaspadai adanya penyakit serangan jantung pada diri Anda.

  1. Rasa sakit pada bagian kepala, rahang, dan gigi

Rasa sakit pada bagian kepala, rahang, dan gigi

Rasa sakit pada bagian dada, sebagian orang justru tidak merasakannya. Sebagian orang justru merasakan rasa sakit yang menyebar mulai dari rahang, kepala hingga bagian punggung. Biasanya rasa sakit yang dirasakan tidak wajar, tidak seperti rasa nyeri biasa, dan juga berlangsung terus menerus dan berkali-kali.

  1. Nafas yang pendek

Nafas yang pendek

Tarikan dan hembusan nafas yang pendek adalah salah satu gejala penyakit jantung yang mudah Anda kenali. Biasanya gejala ini terjadi sebelum atau selama Anda merasakan rasa sakit pada dada atau bagian-bagian tubuh lainnya -yang disebutkan sebelumnya- yang disebabkan oleh serangan jantung.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah

Gejala berikutnya adalah mual dan muntah. Perasaan mual dan muntah yang tidak diketahui secara jelas penyebabnya dapat menjadi salah satu indikasi bahwa Anda memiliki serangan jantung. Gejala ini biasanya lebih banyak dirasakan oleh para wanita dari pada para pria.

  1. Sering berkeringat

Sering berkeringat

Tubuh yang sering berkeringat atau memproduksi keringat yang berlebihan meskipun tidak dalam kondisi berolah raga, juga merupakan salah satu gejala yang harus diwaspadai oleh para penderita serangan jantung. Biasanya para penderita serangan jantung akan merasakan keringat dingin tanpa sebab yang jelas.

Demikianlah beberapa gejala-gejala serangan jantung yang semoga dapat bermanfaat untuk Anda untuk dapat mengenali penyakit serangan jantung lebih dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *