Gejala sakit jantung. Sakit jantung adalah sebuah penyakit yang banyak menyerang baik laki-laki maupun wanita secara mendadak dan banyak mengakibatkan kematian. Jantung adalah organ dalam tubuh manusia yang memiliki peranan penting untuk kelangsungan hidup manusia. Memiliki fungsi untuk memompa darah untuk  bisa di alirkan ke seluruh bagian tubuh. Sakit jantung terjadi jika otot-otot yang terdapat di bagian jantung membesar sehingga mengakibatkan fungsi jantung menjadi terganggu sehingga terdapat gangguan untuk bisa mengalirkan darah dengan lancar ke seluruh bagian  tubuh. Aliran darah yang tidak lancar tersebut berakibat pasokan oksigen pun menjadi terhambat sehingga beberapa bagian tubuh lainnya  pun akan mengalami gangguan pula.

Apa Saja Gejala Sakit Jantung Yang Harus Di Waspadai?

30. gejala sakit jantung 2

Mengingat sakit jantung adalah salah satu penyakit yang memiliki risiko besar yaitu kematian, maka sebaiknya kita harus mewaspadai beberapa gejala sakit jantung yang umum terjadi.

  • Nyeri

terasa nyeri

Biasanya penderita sakit jantung akan mengalami nyeri yang amat sangat di bagian dada. Namun rupanya hal ini tidak bisa di jadikan patokan untuk menentukan seseorang memiliki riwayat penyakit jantung. Dalam beberapa kasus terutama pada penderita wanita, nyeri bahkan terjadi di punggung, bagian belakang kepala, tangan kanan dan lengan bagian kanan. Jadi jika Anda mengalami nyeri sebaiknya ketahui penyebabnya. Jika nyeri tersebut terjadi berulang kali tanpa alasan secepatnya periksakan diri Anda ke dokter.

  • Sesak nafas

sesak nafas

Adanya hambatan pasokan oksigen pada paru-paru yang merupakan akibat dari kurang lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh menyebabkan terjadi gangguan pernafasan yaitu sesak nafas. Ini juga terjadi karena rongga paru-paru penderita jantung telah di masuki dengan cairan sehingga membuat penderita menjadi kesulitan bernafas. Gejala ini biasanya terjadi umumnya beberapa saat sebelum di nyatakan mengidap jantung.

  • Detak jantung tak beraturan

Detak jantung tak beraturan

Salah satu manfaat di  lakukannya pengecekan detak jantung adalah jika terjadi masalah dengan ritme denyut jantung menjadi tak beraturan, berdetak dengan keras serta di diiringi dengan gejala penyakit jantung lainnya seperti pusing, mudah mengalami lelah,  merasakan sulit bernafas, nyeri di bagian ulu hati dan dada maka itu merupakan ciri khas dari penyakit jantung.

Beberapa gejala untuk sakit jantung yang di sebutkan di atas memang bisa terlihat dengan jelas saat penderita sedang mengalaminya. Namun yang terpenting adalah ketepatan dalam hal diagnosa yang hampir mayoritas penderita yang mengalami kematian mendadak adalah karena kesalahan dalam hal diagnosa yang kebanyakan di anggap gejala penyakit yang ringan. Setelah tepat dalam hal diagnosa maka selanjutnya adalah penanganan yang tepat dan cepat. Penyakit jantung adalah penyakit yang penanganannya berpacu dengan waktu, Anda terlambat beberapa menit saja nyawa bisa melayang. Demikian ulasan tentang gejala sakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *