Tanda-tanda penyakit jantung tentu merupakan sebuah hal yang wajib untuk Anda ketahui. Pasalnya semakin kesini, penyakit tersebut semakin banyak merenggut nyawa banyak orang. Hal ini bisa terjadi karena jantung merupakan organ paling penting di dalam tubuh manusia. Ukuran dari jantung memang kecil, yaitu sebesar kepalan tangan seseorang. Namun meskipun ukurannya kecil, seperti yang sudah kami katakana tadi, jantung merupakan organ dengan pemilik peran utama dalam kehidupan seseorang. Fungsi jantung yaitu sebagai pemompa darah agar bisa tersalurkan ke seluruh tubuh. Sehingga jika mengalami kelainan atau masalah, akan berakibat sangat fatal. Ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui jika jantung seseorang lemah. Berikut kami berikan informasinya.

Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Jantung Lemah

Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Jantung Lemah

Jantung yang lemah memiliki beberapa gejala yang dapat diketahui sejak dini. Jadi pastikan Anda mengindikasikan adanya ciri-ciri yang akan disebutkan dibawah untuk menangani penyakit jantung lemah sejak dini.

  • Mengalami sesak napas

Mengalami sesak napas

Sesak napas ini merupakan salah satu dari tanda-tanda penyakit jantung, karena ketika jantung menjadi lemah, darah tidak akan bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Padahal darah yang membawa oksigen tersebut harus masuk ke organ paru-paru. Jika darah tak bisa beredar, maka sistem pernapasan pun akan terganggu.

  • Sering merasa kelelahan

Sering merasa kelelahan

Saat kebutuhan tubuh tak bisa didapatkan secara optimal, maka ini bisa disebabkan karena kerja jantung yang melemah. Sehingga darah tak bisa dipompa secara baik. Dengan begitu para penderitanya akan merasa kesulitan ketika akan melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Mengalami nafsu makan yang menurun

Mengalami nafsu makan yang menurun

Rasa nafsu makan yang menurun tersebut disebabkan karena para penderitanya mengalami rasa mual atau bahkan merasa kenyang sebelum makan dan minum. Mual ini bisa terjadi karena hati serta sistem pencernaan tubuh tidak bisa menerima darah bersih, sehingga rasa mual akan muncul secara berlebih. Karena nafsu makannya berkurang, maka berat badan pun akan menurun perlahan-lahan.

  • Daya ingat menurun

Daya ingat menurun

Para penderita lemah jantung pasti akan mengalami sebuah gangguan pada fungsi otak karena tidak ada aliran darah bersih menuju otak. Ada beberapa kadar zat tidak normal juga yang mengalir menuju otak. Dengan demikian, disadari atau tidak otak akan memiliki daya ingat yang menurun.

Selain itu ada beberapa penderitanya juga yang mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Sebagian besar, penderita jantung mengalami pembengkakan pada bagian tangan serta pergelangan kaki. Ini bisa terjadi karena aliran darah menuju jantung tidak normal. Adanya gangguan pada kerja ginjal akan menyebabkan munculnya hormon yang membuat penyimpanan air serta garam secara berlebih dan timbul lah pembengkakan. Beberapa gejala yang kami sebutkan diatas tentu sangat mudah untuk diketahui. Jangan sampai Anda acuh tak acuh jika merasakan salah satu gejala yang sudah kami sebutkan tadi. Segeralah melakukan pemeriksaan dan melakukan langkah penyembuhan sebelum akhirnya tanda-tanda penyakit jantung lemah tersebut akan berakhir fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *