Penyebab serangan jantung secara umum adalah dikarenakan adanya penyakit jantung atau pun penyakit jantung koroner. Serangan jantung sendiri yang secara medis dikenal sebagai infark miokard ini merupakan kondisi saat pasokan darah yang menuju ke jantung tidak bisa sampai ke jantung atau terhambat. Kondisi tersebut termasuk darurat dan umumnya disebabkan oleh adanya penumpukan lemak atau penggumpalan darah maupun unsur lainnya. Gangguan pasokan darah ke jantung tersebut kemudian bisa menghancurkan atau merusak otot jantung yang bisa berujung pada kematian.

Ini Dia Penyebab Serangan Jantung

Pencegahan Penyakit Jantung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab utama adanya serangan jantung adalah karena adanya penyakit jantung koroner. Penyakit ini sendiri terjadi karena pembuluh darah utama yaitu pembuluh koroner tersumbat karena adanya timbunan lemak dan kolesterol yang berupa plak. Plak tersebut bisa jadi retak dan kemudian menimbulkan penggumpalan darah yang berakhir penghambatan pasokan darah ke jantung yang melalui pembuluh koroner. Kondisi ini lah yang kemudian mengakibatkan serangan jantung. Dan berikut ini lah beberapa faktor yang bisa menambah risiko penyakit jantung koroner.

  • Adanya Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Adanya Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi memiliki presentasi potensi yang lebih besar untuk mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang tidak. Tekanan darah ini mempengaruhi risiko tersebut karena meningkatkan kinerja jantung diluar normalnya.

  • Kebiasaan Buruk Mengonsumsi Makanan Penuh Lemak

Kebiasaan Buruk Mengonsumsi Makanan Penuh Lemak

Penyebab serangan jantung yang diakibatkan penyakit jantung koroner bisa terpicu karena konsumsi makanan berlemak. Terlalu banyak atau terlalu sering makan makanan berlemak bisa jadi menambah presentasi risiko penyakit jantung koroner.

  • Kolesterol yang Tinggi

Kolesterol yang Tinggi

Tingkat kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh kita juga sangat berpengaruh untuk kesehatan jantung kita. Mereka yang memiliki kadar atau tingkat kolesterol tinggi cenderung lebih berpotensi untuk menderita penyakit jantung koroner yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

  • Berat Badan yang Terlalu Berlebih

Berat Badan yang Terlalu Berlebih

Masalah yang juga dikenal sebagai obesitas ini juga berpengaruh pada potensi seseorang untuk mengalami masalah penyakit jantung koroner. Disebutkan bahwa mereka yang memiliki berat badan berlebih memiliki potensi yang sangat besar mengalami penyakit jantung koroner.

Selain apa yang telah dijelaskan di atas, faktor usia dan faktor keturunan juga bisa mempengaruhi potensi seseorang terhadap penyakit ini. Kemudian, ini juga penting bagi Anda mengetahui bagaimana pengobatan pada pasien yang mengalami serangan jantung. Pada kondisi darurat, penanganan harus dilaksanakan secepatnya. Untuk pertolongan pertama bisa digunakan aspirin dengan dosis biasa. Sedangkan selanjutnya akan digunakan obat-obat yang bisa melarutkan gumpalan-gumpalan darah tersebut dan juga pelaksaan prosedur operasi yang sesuai. Demikianlah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui terkait dengan penyebab serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *