Pencegahan penyakit jantung dapat dilakukan sejak dini guna mengurangi risiko buruk yang nantinya mungkin terjadi. Penyakit jantung memang dikenal sebagai satu di antara beberapa penyakit yang mematikan sehingga banyak orang yang mulai takut jika terserang penyakit jantung. Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa penyakit jantung menjadi penyakit penyebab kematian orang dewasa nomor satu di Amerika. Penyakit jantung sebenarnya disebabkan oleh terganggunya fungsi jantung karena adanya penyumbatan pembuluh darah sehingga dapat menghambat oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit jantung dapat terjadi pada siapa pun tanpa mengenal usia dan memandang jenis kelamin. Serangan penyakit jantung ini juga terjadi secara mendadak dan kapan saja sehingga apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat maka kemungkinan akan terjadi hal yang cukup fatal.

Bagaimana Cara Melakukan Pencegahan Penyakit Jantung?

Bagaimana Cara Melakukan Pencegahan Penyakit Jantung

Pada dasarnya penyakit jantung adalah penyakit yang dapat dicegah dan dihindari. Dan berikut adalah beberapa upaya dalam pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan dengan mudah, menyenangkan, dan tidak mengeluarkan biaya banyak.

  • Memakan kacang-kacangan

Memakan kacang-kacangan

Makanlah kacang-kacangan kurang lebih 250 gram sehari. Kacang-kacangan diyakini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan mengurangi radang. Kacang diketahui mengandung protein, serat, dan kadar asam lemak omega 3 tinggi yang dapat menyehatkan jantung.

  • Periksa tekanan darah secara teratur

Periksa tekanan darah secara teratur

Tekanan darah normal adalah sekitar angka 115/75. Maka apabila tekanan darah Anda berada di atas normal, segera lakukan upaya untuk menurunkannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan yakni dengan olahraga secara teratur dan mengurangi lemak yang terdapat di perut.

  • Biasakan berjalan dan duduk jangan terlalu lama

Biasakan berjalan dan duduk jangan terlalu lama

Berjalan secara rutin selama 30 menit setiap harinya dipercaya memiliki kemungkinan kecil terkena serangan jantung. Selain itu, duduk yang terlalu lama hingga lebih dari empat jam malah dapat meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

  • Tidak merokok

Tidak merokok

Merokok telah lama diketahui sebagai sumber dari berbagai penyakit termasuk penyakit jantung. Tak hanya bagi sang perokok, orang di sekitar yang menghirup asap rokok itu pun dapat mengalami kemungkinan risiko penyakit jantung yang sama.

  • Menonton acara komedi

Menonton acara komedi

Tertawa bebas saat menonton acara komedi ternyata dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa tertawa merupakan satu di antara berbagai cara penghilang stres yang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa upaya di atas merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Selain cara di atas, menjaga pola hidup sehat juga merupakan tindakan yang tepat dalam mencegah penyakit jantung. Lakukanlah mulai sekarang dari diri kita, dan kemudian ajaklah orang lain untuk melakukan kebiasaan yang sama dalam upaya mencegah penyakit jantung. Demikian ulasan singkat mengenai pencegahan penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *