Serangan jantung mendadak dapat terjadi pada penderita penyakit jantung atau yang memiliki kelainan jantung. Bahkan serangan jantung secara mendadak dapat terjadi pada orang yang baru pertama kali terkena serangan jantung. Hal ini dapat disebabkan karena orang tersebut tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gejala-gejala penyakit jantung. Kondisi tekanan mental, emosi, gaya hidup tak sehat, dan penyakit jantung bawaan dapat menjadi salah satu kemungkinan penyebabnya. Serangan jantung secara mendadak terjadi pada saat aliran darah yang mengalir ke jantung berhenti secara tiba-tiba sehingga pasokan darah dan oksigen pun terhenti. Keadaan ini berakibat pada gagalnya fungsi jantung dan apabila tidak mendapatkan penanganan yang cepat maka akan membahayakan kondisi penderita.

Bagaimana Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak?

Tenangkan penderita agar tetap sadar

Pertolongan pertama pada penderita serangan jantung mendadak sangat penting untuk dilakukan guna menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada penderita. Pertolongan pertama ini dapat dilakukan oleh siapa pun seraya menunggu adanya bantuan dari tenaga medis.

  • Jangan baringkan penderita

jangan baringkan penderita

Penderita serangan jantung sebaiknya ditempatkan pada posisi duduk yang senyaman mungkin dan jangan sekali-kali membaringkan penderita saat terkena serangan jantung. Karena posisi berbaring akan membuat jalan pernapasan penderita terganggu pada saat kehilangan kesadaran.

  • Memanggil bantuan medis

Memanggil bantuan medis

Setelah penderita duduk dalam posisi yang nyaman segeralah memanggil dokter atau ambulans secepat mungkin untuk mengambil tindakan medis pada penderita. Anda bisa menghubungi nomor-nomor darurat atau meminta bantuan orang lain untuk menelepon rumah sakit terdekat.

  • Tanyakan obat yang dibawa penderita

Tanyakan obat yang dibawa penderita

Seseorang yang telah mengetahui dirinya terkena penyakit jantung biasanya akan membawa obat yang diresepkan oleh dokter sebagai penolongan pertama pada saat terkena serangan jantung secara mendadak. Jika penderita membawa obatnya, maka carilah air untuk membantu penderita meminum obatnya.

  • Tenangkan penderita agar tetap sadar

Bagaimana Cara Menolong Penderita Serangan Jantung Mendadak

Pastikan penderita dalam kondisi tenang, tidak panik, dan tetap sadar sebelum tenaga medis datang. Karena keadaan yang panik malah akan memperburuk keadaan penderita. Berikan ruang yang cukup bagi penderita untuk bernapas dengan baik. Anda bisa melonggarkan pakaian penderita untuk memudahkannya bernapas.

Serangan jantung secara mendadak memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sang penderita tentu membutuhkan bantuan dan pertolongan dari orang lain saat terkena serangan jantung. Oleh sebab itu, wajib bagi kita untuk menolong dan membantu orang yang terkena serangan jantung. Karena nyawa adalah taruhan yang diambil apabila terjadi keterlambatan penyelamatan pada penderita serangan jantung. Penanganan yang tepat dan benar juga penting untuk diketahui oleh orang-orang yang memiliki kerabat yang menderita sakit jantung. Karena penolongan yang tepat dan cepat dapat menyelamatkan nyawa penderita serangan jantung. Sebab itulah, penting bagi kita untuk mengetahui langkah-langkah dasar menolong seseorang yang terkena serangan jantung mendadak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *