Aliran darah jantung di dalam tubuh manusia dibedakan menjadi beberapa jenis. Yaitu ada aliran darah dari jantung ke paru-paru, kemudian kembali lagi ke jantung. Ada juga jenis aliran darah dari jantung ke semua organ tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung. Dari organ jantung inilah pembuluh darah pada tubuh manusia mengalir dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Jantung sendiri merupakan suatu organ yang didalamnya terdapat banyak komponen, mulai dari pembuluh darah baik arteri maupun vena, bilik jantung yang terdiri atas bilik kiri dan bilik kanan, sampai dengan pembuluh darah serta otot-otot yang berfungsi untuk memompa pergerakan jantung itu sendiri.

Macam Pembuluh Darah dalam Aliran Darah Jantung

aliran darah jantung 2

Ketika membahas tentang macam-macam aliran darah jantung, maka tidak akan lepas dari yang namanya macam-macam jenis pembuluh darah. Berikut ini merupakan macam jenis pembuluh darah yang harus Anda ketahui :

  1. Pembuluh nadi atau arteri

Pembuluh Nadi atau Arteri

Sebagian besar dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis pembuluh darah yang satu ini. Pembuluh nadi atau yang disebut pembuluh arteri, merupakan pembuluh darah jantung yang bertugas membawa darah keluar dari jantung. Baik untuk dibawa ke seluruh bagian tubuh maupun untuk dibawa ke paru-paru. Pembuluh nadi ini sendiri kemudian dibedakan lagi menjadi:

  • Pembuluh aorta. Pembuluh aorta ini merupakan jenis pembuluh nadi yang berukuran paling besar. Sehingga sering juga disebut pembuluh besar. Tugasnya adalah membawa darah yang berisikan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Pembuluh arteri. Cabang dari pembuluh aorta adalah pembuluh arteri ini. Tugasnya membawa darah ke jaringan yang memiliki tekanan tinggi.
  • Pembuluh arteriola. Ini merupakan pembuluh darah yang fungsinya untuk mengatur besarnya darah pada kapiler, dan juga merupakan cabang dari pembuluh arteri.
  1. Pembuluh vena

Pembuluh Vena

Berkebalikan dari pembuluh nadi, pembuluh darah ini fungsinya untuk membawa kembali darah dari seluruh jaringan tubuh ke jantung. Jenisnya dibedakan lagi menjadi :

  • Pembuluh vena cava, yaitu pembuluh yang berhubungan dengan seluruh organ tubuh baik yang berada di atas maupun yang berada di bagian bawah.
  • Pembuluh vena yaitu pembuluh yang berhubungan dengan paru-paru.
  • Pembuluh venula yaitu pembuluh yang berfungsi mengatur kapiler.

Setelah menyimak ulasan tadi, tentunya Anda sudah mengerti bukan betapa kompleks dan pentingnya tugas masing-masing pembuluh darah dalam jantung kita? Tentu saja dengan demikian Anda harus sadar untuk menjaga kesehatan jantung Anda agar masing-masing bagian dari jantung tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Karena jika salah satu saja bagian yang fungsinya terganggu, maka bisa berakibat fatal untuk bagian yang lainnya, atau bahkan mengancam kesehatan jantung Anda sendiri. Dengan menerapkan pola hidup sehat maka aliran darah jantung Anda bisa lebih sehat dan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *