Sakit jantung adalah kondisi pada saat jantung tidak mampu berfungsi secara normal seperti biasanya dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga akan menimbulkan rasa nyeri di dada dan sulit untuk bernapas. Penyakit jantung juga diketahui telah menduduki peringkat pertama sebagai penyakit pembunuh paling atas di dunia seperti yang dinyatakan oleh badan organisasi kesehatan dunia (WHO). Sebuah studi menyebutkan bahwa pada tahun 2008 sebanyak 12,8% atau sekitar 7,25 juta orang di dunia meninggal karena penyakit jantung. Fakta tersebut menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan satu di antara berbagai penyakit yang perlu diwaspadai dan dilakukan pencegahannya. Melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit jantung memang merupakan cara yang tepat sebelum terserang oleh penyakit pembunuh nomor satu tersebut. Namun, tidak ada salahnya juga bagi kita untuk mengetahui sejak awal gejala-gejala yang mungkin dirasakan apabila menderita penyakit jantung.

Apa Saja Gejala Awal Sakit Jantung?

gejala awam sakit jantung sejak dini

Seseorang yang mengalami sakit jantung biasanya akan mengalami perubahan-perubahan pada kondisi fisik tubuhnya. Sebab itulah, kita perlu mengetahui gejala-gejala awal seperti apakah yang mengindikasikan bahwa seseorang menderita penyakit jantung.

  • Sakit pada bagian kepala

Sakit pada bagian kepala

Kondisi sakit kepala pada penderita penyakit jantung disebabkan karena aliran darah yang menuju ke otak terganggu dan tidak normal. Terlebih lagi apabila penderita terkena sinar matahari secara langsung, denyut jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya dan berpengaruh pada timbulnya rasa sakit di bagian kepala.

  • Jantung berdebar

nyeri di dadak

Seseorang yang memiliki penyakit jantung seringkali akan merasa jantungnya berdebar kencang seperti setelah berlari jauh.

  • Nyeri dada

Jantung berdebar

Nyeri pada dada yang terjadi pada seseorang yang mengidap penyakit jantung biasanya disebabkan karena kurangya suplai darah dan pasokan oksigen yang cukup sehingga jantung akan terasa nyeri dan seperti diremas-remas. Namun, nyeri pada dada juga tidak selalu mengindikasikan gejala awal penyakit jantung.

  • Sesak napas

sesak nafas

Kontraksi otot jantung yang tidak normal akan berpengaruh pada kinerja paru-paru sehingga seseorang yang mengalami penyakit jantung terkadang akan merasa sulit untuk bernapas.

  • Pembengkakan

pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi karena gejala dari penyakit jantung biasanya terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti bagian perut atau pergelangan kaki. Ini disebabkan karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh.

Kondisi-kondisi di atas adalah beberapa gejala-gejala awal yang menunjukkan seseorang terkena penyakit jantung. Namun, tidak semua gejala-gejala tersebut akan selalu berindikasi pada penyakit jantung karena bisa saja kondisi tersebut adalah gejala penyakit lain atau bisa juga karena penyebab dari efek samping meminum sebuah obat. Sehingga apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut alangkah lebih baik untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum menyimpulkannya sendiri. Demikianlah sedikit ulasan tentang gejala-gejala awal sakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *