Apakah itu jantung koroner? Jantung Koroner adalah salah satu jenis penyakit yang menjangkiti organ jantung Anda. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kerusakan itu dapat berbentuk penyempitan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah yang diedarkan menjadi tersumbat. Dan tersumbatnya aliran darah tadi menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, hal ini kemudian berujung pada semakin menyempit dan mengerasnya arteri koroner dalam jantung. Penumpukan jaringan ikat, pengapuran, dan juga pembekuan darah adalah beberapa proses yang terjadi kemudian setelah pembuluh darah semakin menyempit. Hal ini menyebabkan pasokan darah menjadi berkurang pada area yang menyempit. Dan hal ini pulalah yang kemudian dapat menimbulkan masalah yang serius, yaitu kematian mendadak yang disebabkan karena serangan jantung.

Penyebab dan Gejala Jantung Koroner

34. jantung koroner adalah

Setelah mengetahui bahaya dan risiko dari jantung koroner tersebut ada baiknya Anda untuk mulai menghindari faktor-faktor yang menyebabkan jantung koroner dan mengetahui gejala-gejalanya sejak awal agar tidak menyebabkan masalah yang lebih berisiko dan dapat disembuhkan sejak dini. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab jantung koroner:

  1. Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat

Tentu saja gaya hidup adalah hal yang sangat mempengaruhi kesehatan seseorang. Gaya hidup ini termasuk di dalamnya adalah pola makan, pola istirahat, dan juga olah raga. Hal yang paling banyak menyebabkan penyakit jantung koroner adalah pola makan tidak sehat. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi adalah salah satunya.

  1. Merokok dan Minum minuman beralkohol

Merokok dan Minum minuman beralkohol

Siapa yang tidak mengetahui bahwa kedua hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Baik merokok maupun meminum minuman yang beralkohol dapat menjadi salah satu hal yang memicu penyakit jantung koroner.

  1. Kegemukan atau obesitas

Kegemukan atau obesitas

Obesitas memang sering kali memicu munculnya berbagai penyakit lain yang mengiringinya, jantung koroner merupakan salah satunya.

  1. Stres

stres

Terlalu banyak pikiran atau stres memang tidak baik untuk kesehatan. Bahkan menurut sebuah penelitian, hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung, termasuk memicu munculnya penyakit jantung koroner.

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan

Faktor yang terakhir ini memang tidak bisa Anda hindari karena sudah tertanam sejak lahir dalam diri Anda. Namun tentu saja Anda masih dapat melawannya dengan mengurangi dan menghindari hal-hal yang memicu munculnya penyakit jantung koroner.

Berikutnya inilah gejala-gejala penyakit jantung koroner:

  1. Rasa nyeri pada area dada.
  2. Sesak nafas.
  3. Sering merasa mual, muntah dan juga pusing.
  4. Sering berkeringat, atau keringat dingin.
  5. Denyut jantung yang tidak beraturan dan detak jantung yang lebih cepat.

Memang jantung koroner merupakan penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang mengalaminya. Namun penyakit jantung koroner adalah sebenarnya dapat dihindari dan disembuhkan dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkannya dan mengobatinya sejak dini dengan mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *