Mengobati Penyakit Jantung sulit untuk dilakukan, namun dapat dicegah supaya kondisi tidak memburuk. Penanganan medis lebih lanjut misalnya operasi akan disarankan bila kondisi bertambah parah dan membahayakan bagi Anda sebagai penderitanya.

Langkah Mengobati Penyakit Jantung

Langkah Mengobati Penyakit Jantung

Memperbaiki gaya hidup saja seringkali dirasa tidak mencukupi untuk mengobati penyakit jantung. Oleh sebab itu, pada umumnya dokter juga menyarankan untuk menggunakan obat-obatan atau prosedur penanganan operasi. Langkah-langkah pengobatan diantaranya:

  • Statin

Statin

Memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah sehingga bisa memperlambat berkembangnya penyakit jantung. Beberapa jenisnya antara lain atorvastatin, pravastatin, dan simvastatin.

  • Antiplatelet

Anti platelet

Bermanfaat untuk pencegahan penggumpalan darah yang bisa memicu serangan jantung. Jenis umumnya berupa aspirin dengan dosis rendah, clopidogrel, prasugrel dan ticagrelor.

  • Anti hipertensi dan obat diabetes

Anti hipertensi dan obat diabetes

Jika Anda mempunyai hipertensi dan diabetes, sangat penting untuk memeriksa perkembangan penyakit ini. Obat anti hipertensi dan obat diabetes juga harus sesuai dan menunjukkan hasil efektif. Jika tidak, konsultasikan dengan dokter untuk menemukan alternatif pengobatan yang lebih sesuai. Gaya hidup sehat juga sangat berpengaruh pada penanganan penyakit ini.

  • Obat-obatan untuk penanganan Angina

Bottles and packets of medicine

Pada umumnya terdapat beberapa jenis diantaranya Beta blockers yang mengurangi denyut jantung dan melancarkan peredaran darah, calcium channel-blockers yang menjadikan dinding pembuluh darah menjadi lebar, obat nitrat yang memperlebar diameter pembuluh darah dan tidak hanya berwujud tablet namun juga semprot, gel, dan koyo. Berikutnya ada ivabradine bagi penderita yang tidak dapat mengonsumsi beta blockers, nicorandil yang menjadi alternatif calcium channel blockers, ranolazine yang menjadikan otot jantung lebih rileks namun tanpa pengaruh pada detak jantung dan cocok bagi penderita gagal jantung.

  • Melalui Operasi

Melalui Operasi

Ketika obat sudah tidak dirasa efektif untuk meredakan gejala Angina yang dialami, dokter akan menyarankan untuk operasi. Selain penderita Angina, operasi juga dianjurkan bagi Anda yang pernah mengalami serangan jantung. Operasi ini terdiri dari Intervensi Jantung Perkutan atau PCI yang memiliki tujuan memperlebar arteri jantung yang menyempit. Penanganannya dilakukan dengan memasang cincin (stent) pada arteri jantung yang mengalami penyempitan dengan proses angiografi coroner atau kateterisasi jantung. Selanjutnya ada Bedah bypass arteri jantung atau CABG dengan menanamkan pembuluh darah dari anggota badan yang lain guna membuka jalur baru bagi peredaran darah ke jantung sehingga kebutuhan darah terpenuhi. Operasi ini lebih dianjurkan bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, telah lanjut usia, dan menderita lebih dari 2 pembuluh darah yang menyempit.

Jika Anda menderita dan ingin mengobati penyakit jantung sebaiknya Anda perlu memperbaiki gaya hidup seperti lebih selektif dalam memilih makanan, olahraga secara teratur, berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol serta memeriksakan diri ke dokter dan minum obat dengan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *