Penyebab jantung lemah memang sangat penting untuk diketahui. Penyakit jantung lemah sendiri merupakan kondisi saat jantung tidak dapat lagi menjalankan fungsi sebagaimana seharusnya. Beberapa hal yang akan timbul pada penderita karena kondisi ini antara lain adalah sesak napas, detak jantung cepat dan tidak beraturan, kelelahan, batuk kronis. Di beberapa kasus, penderita bahkan bisa jadi mengalami penurunan nafsu makan dan juga gangguan berpikir. Untuk lebih lanjutnya mengenai penyakit jantung lemah ini, mari kita simak informasinya berikut ini.

Mengenali Penyebab Jantung Lemah

Mengenali Penyebab Jantung Lemah

Penyakit yang tergolong cukup meresahkan ini terjadi karena adanya bagian jantung yang mengalami penyumbatan pada salurannya. Penyumbatan tersebut kemudian membuat aliran darah tidak dapat mengalir secara normal ke seluruh bagian tubuh. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung lemah ini. Berikut inilah beberapa penyebab penyakit jantung lemah yang perlu Anda ketahui.

  • Faktor Keturunan

Faktor Keturunan

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung lemah adalah faktor keturunan. Apabila salah satu anggota keluarga Anda seperti misalnya orang tua, kakek maupun nenek pernah menderita penyakit yang satu ini, maka kemungkinan Anda mengalami hal yang sama pun cukup besar karena penyakit lemah jantung bisa jadi dikarenakan faktor keturunan. Faktor keturunan ini lah yang tidak akan bisa Anda tolak.

  • Keadaan Jantung yang Kurang Sehat

Keadaan Jantung yang Kurang Sehat

Penyebab jantung lemah yang lainnya adalah keadaan jantung yang kurang sehat atau tidak prima. Ada kemungkinan bahwa jantung akan mengalami penurunan kualitas saat terjadi gangguan dan jika hal tersebut terjadi terus menerus dapat mengakibatkan jaringan yang ada di otot jantung mati. Keadaan ini lah yang kemudian menjadi penyebab penyakit jantung lemah. Sedangkan penyebab dari kurang prima nya jantung adalah karena kurangnya asupan oksigen yang masuk ke dalam jantung. Hal ini bisa juga diakibatkan adanya penyempitan pada pembuluh darah.

  • Keadaan darah

Keadaan darah

Hal lain yang sangat berpengaruh pada keadaan jantung kita adalah keadaan darah. Tidak bisa disangkal bahwa mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah dan juga kurang darah memiliki risiko untuk menderita penyakit jantung lemah. Hal ini dikarenakan keadaan tersebut dapat mempengaruhi hasil dari aliran darah.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan diatas, ada juga beberapa penyebab lain yang disebut-sebut dapat mengakibatkan penyakit jantung lemah. Misalnya adalah adanya kerusakan fungsi jantung karena serangan jantung, adanya kelebihan tekanan di jantung dan adanya penyakit lain seperti aortic stenosis dan anemia. Maka dari itu kita harus membiasakan diri untuk menjaga kesehatan jantung kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang penyebab jantung lemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *